Ketapang, ASDP Cabang Ketapang mencatat peningkatan pergerakan penumpang dan kendaraan selama periode libur dan cuti bersama Hari Kenaikan Yesus Kristus pada Kamis (9/5), menunjukkan lonjakan dibandingkan dengan hari-hari biasa.Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, menyampaikan bahwa tren angkutan barang menjelang long weekend mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan hari-hari normal. Data menunjukkan bahwa selama 24 jam dari Rabu (8/5) pukul 08.00 WIB hingga Kamis (9/5) pukul 08.00 WIB, terdapat 1.814 orang penumpang dan 11.133 unit kendaraan yang bergerak. Angka ini didominasi oleh kendaraan golongan II (sepeda motor) sebanyak 2.977 unit, dan golongan IVA (mobil penumpang pribadi) sebanyak 2.676 unit. Sekitar 35 persen dari total transaksi pengguna jasa di Ketapang-Gilimanuk dilakukan secara online melalui platform Ferizy."Peningkatan trafik kendaraan barang ini dipicu oleh tingginya kebutuhan logistik wisatawan di Bali pada akhir pekan ini," ungkap Shelvy.Sementara itu, pergerakan dari Pulau Jawa menuju Sumatera juga mengalami peningkatan, dengan 2.384 orang penumpang dan 8.610 unit kendaraan selama 24 jam terakhir. Kendaraan yang dominan adalah sepeda motor (1.150 unit) dan mobil penumpang pribadi (2.968 unit).Shelvy juga memberikan informasi terkait tren pergerakan kendaraan di lintas Merak-Bakauheni. Pada bulan Maret sebelum Lebaran, terjadi penurunan 2% dalam jumlah rata-rata kendaraan yang menyeberang saat weekday, sementara pada weekend terjadi peningkatan sebesar 5%. Selama Angkutan Lebaran 2024, terjadi lonjakan signifikan dalam jumlah kendaraan, dengan peningkatan hingga 21% dibandingkan dengan periode sebelumnya."Kami memperkirakan pergerakan di lintas Merak-Bakauheni akan terus meningkat pada Jumat (10/5) hingga Sabtu (11/5)," tambahnya.ASDP telah membuka penjualan tiket ferry periode Angkutan Lebaran 2023 sejak 60 hari sebelumnya. Untuk kenyamanan pemudik, ASDP mendorong pengguna jasa untuk membeli tiket secara mandiri melalui platform resmi seperti Ferizy, Indomaret, Alfamart, Agen BRILink, dan Agen Finpay (Delima Point). Selain itu, ASDP juga mengingatkan untuk tidak membeli tiket dari calo, dan memastikan bahwa seluruh data penumpang tercatat dengan baik untuk keperluan asuransi dan keamanan.