Ketapang,ASDP Cabang Ketapang mencatat peningkatan signifikan dalam pergerakan penumpang dan kendaraan menjelang long weekend dan cuti bersama Hari Kenaikan Yesus Kristus pada Kamis (9/5). Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, mengungkapkan bahwa tren angkutan barang dan penumpang mengalami kenaikan yang mencolok dibandingkan dengan hari-hari biasa.Data menunjukkan bahwa selama periode 24 jam mulai Rabu (8/5) pukul 08.00 WIB hingga Kamis (9/5) pukul 08.00 WIB, jumlah penumpang yang menggunakan layanan ASDP mencapai 1.814 orang, sementara kendaraan yang melintasi perairan mencapai 11.133 unit. Peningkatan ini terutama terlihat pada kendaraan golongan II (sepeda motor) sebanyak 2.977 unit, dan golongan IVA (mobil penumpang pribadi) sebanyak 2.676 unit.Shelvy menjelaskan bahwa peningkatan trafik kendaraan barang, terutama dari Jawa menuju Bali, dipicu oleh tingginya kebutuhan logistik wisatawan di Bali selama akhir pekan ini. Selain itu, sekitar 35% dari total transaksi pengguna jasa di Ketapang-Gilimanuk dilakukan secara online melalui platform Ferizy.Sementara itu, pergerakan penumpang dan kendaraan dari Pulau Jawa menuju Sumatera juga mengalami peningkatan. Selama periode yang sama, tercatat 2.384 orang penumpang dan 8.610 unit kendaraan melintasi perairan. Di sini, kendaraan golongan IVA dan VB menjadi yang paling dominan.Menurut data dari Cabang Merak, terjadi peningkatan rata-rata jumlah kendaraan yang menyeberang pada periode Angkutan Lebaran 2024, baik saat weekday maupun weekend, dibandingkan dengan periode sebelumnya. Hal ini menunjukkan tingginya minat masyarakat untuk melakukan perjalanan selama libur panjang.ASDP telah membuka penjualan tiket ferry untuk periode Angkutan Lebaran 2023 sejak 60 hari sebelumnya. Pengguna jasa diminta untuk tidak membeli tiket di calo dan memastikan bahwa seluruh data penumpang tercatat dengan baik, demi keamanan dan kenyamanan perjalanan. Pembelian tiket dapat dilakukan secara online melalui website atau aplikasi Ferizy, serta melalui mitra resmi ASDP seperti Indomaret, Alfamart, Agen BRILink, dan Agen Finpay (Delima Point).Dengan adanya peningkatan ini, ASDP berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa, termasuk dalam hal pemenuhan kebutuhan logistik dan kenyamanan selama perjalanan.